Selasa, 29 November 2011

South China Mall, Terbesar di Dunia

Dengan luas lantai 660.000 meter persegi, South China Mall menjadi mal terbesar di dunia. Sementara untuk luas area secara keseluruhan (termasuk taman, area luar, dll), Mal yang terletak di Dongguan City, China ini, menempati urutan kedua di dunia, setelah Dubai Mall. Ada apa saja ya, di “megamall” alias mal raksasa ini?












South China Mall terbagi menjadi 7 area utama yang mewakili 7 tempat di dunia. Ada area bergaya Amsterdam, Paris, Roma, Venesia, Mesir, Karibia, sampai California. Secara keseluruhan, ketujuh area tersebut bisa menampung 2350 toko. Wow!

Selain pertokoan dan tempat nongkrong, di dalamnya juga ada kanal, lengkap dengan  gondolanya. Jadi, kalau pengunjung capek berkeliling mal, bisa memilih naik gondola atau memanfaatkan jasa taxi air untuk mengitari tempat ini. Di samping itu, mal yang berdiri tahun 2005 ini juga memiliki area permainan beserta indoor-outdoor roller coaster.

Nah, saking menariknya fenomena mal terbesar ini, filmmaker asal Amerika, Sam Green sampai membuat film documenter seputar mal, lho! Judulnya, Utopia Part 3: the World's Largest Shopping Mall. Sayang, lantaran terlalu besar, mal yang bisa menampung 70.000 manusia ini, jadi terlihat sepi. Apalagi, masih banyak toko yang belum buka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar